PEMASARAN RELASIONAL
01.27 Edit This 0 Comments »PEMASARAN RELASIONAL
Pemasaran relasional (relationship marketing) sangat relevan untuk dibahas dalam pemasaran jasa, mengingat pada sebagian besar jasa interaksi antara pelanggan dan penyedia jasa begitu tinggi. Pendekatan pemasaran yang hanya berorientasi pada tingginya volume penjualan jangka pendek (transaksional marketing) menjadi kurang mendukung. Pemasaran relasional menekankan rekrutmen dan pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggannya.
Pada pemasaran relasional, penarikan pelanggan baru hanyalah langkah awal. Banyak studi yang menyebutkan bahwa menarik pelanggan baru memerlukan biaya lima kali lipat disbanding mempertahankan pelanggan. Beberapa hal yang membedakan antara relationship marketing dengan transactional marketing(pemasaran tradisional), dapat dilihat pada tabel berikut:
Aspek
Fokus
Orientasi
Skala waktu
Komitmen
pada konsumen
Kontak
Kualitas
Focus pada penjualan
Orientasi pada karakteristik produk
Jangka pendek
Terbatas
Kontak dengan konsumen
rendah
Kualitas adalah urusan bagian
operasi.
Focus pada mempertahankan konsumen
Orientasi pada manfaat produk
Jangka panjang
Komitmen tertinggi
Kontak dengan konsumen tinggi
Kualitas adalah urusan semua
departemen/orang.
0 komentar:
Posting Komentar