WELCOME TO UMTY'S BLOG

PEMASARAN RELASIONAL

01.27 Edit This 0 Comments »

PEMASARAN RELASIONAL

Pemasaran relasional (relationship marketing) sangat relevan untuk dibahas dalam pemasaran jasa, mengingat pada sebagian besar jasa interaksi antara pelanggan dan penyedia jasa begitu tinggi. Pendekatan pemasaran yang hanya berorientasi pada tingginya volume penjualan jangka pendek (transaksional marketing) menjadi kurang mendukung. Pemasaran relasional menekankan rekrutmen dan pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggannya.

Pada pemasaran relasional, penarikan pelanggan baru hanyalah langkah awal. Banyak studi yang menyebutkan bahwa menarik pelanggan baru memerlukan biaya lima kali lipat disbanding mempertahankan pelanggan. Beberapa hal yang membedakan antara relationship marketing dengan transactional marketing(pemasaran tradisional), dapat dilihat pada tabel berikut:

Perbedaan Transactional Marketing dan Relationship Marketing

Aspek

Fokus

Orientasi

Skala waktu

Komitmen

pada konsumen

Kontak

Kualitas


Transactional Marketing

Focus pada penjualan

Orientasi pada karakteristik produk

Jangka pendek

Terbatas

Kontak dengan konsumen

rendah

Kualitas adalah urusan bagian

operasi.


Relationship Marketing
Focus pada mempertahankan
konsumen

Orientasi pada manfaat produk

Jangka panjang

Komitmen tertinggi

Kontak dengan konsumen tinggi

Kualitas adalah urusan semua

departemen/orang.

0 komentar:

JENDELA DUNIA